KUNINGAN - Tim Penggerak PKK Kabupaten Kuningan menggelar Agenda Tahunan Bina Wilayah ke setiap Kecamatan. Kegiatan berlangsung mulai 9 Maret - 21 April 2020. Kegiatan Bina Wilayah dimulai dan dibuka secara resmi oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kuningan, Hj. Ika Acep Purnama di Desa Koreak Kecamatan Cigandamekar, Senin (09/03/2020).

Di tempat berbeda, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kuningan, Hj. Yuana Ridho Suganda, didampingi Wakil Ketua I, Hj. Ella Dian, membuka secara resmi Bina Wilayah di Desa Cimara Kecamatan Cibeureum. Bina Wilayah di hadiri oleh jajaran pengurus TP PKK Kabupaten, yang terdiri dari kesekretariatan dan Pokja I hingga IV. Serta dihadiri juga oleh unsur Muspika Kecamatan, SKPD terkait, Kader TP PKK Kecamatan dan Desa, serta masyarakat.

Dalam sambutannya, Ketua TP PKK Kabupaten Kuningan, Hj. Ika Acep Purnama, memaparkan program Bina Wilayah PKK merupakan agenda rutin untuk melihat sejauh mana Desa/Kelurahan yang telah melaksanakan Kegiatan 10 Program Pokok PKK. Disamping itu, Kegiatan Bina Wilayah ini dilaksanakan secara berjenjang sampai ke tingkat Desa/Kelurahan dari tanggal 9 Maret hingga 21 April 2020, di lokasi yang merupakan Desa/Kelurahan terbaik hasil penilaian bina wilayah tingkat Kecamatan.

“Selain untuk melihat realisasi 10 Program Pokok PKK, Bina Wilayah juga dilakukan untuk mengevaluasi kesesuaian antara program kegiatan yang telah ditetapkan dengan Visi Misi PKK. Kegiatan ini tidak semata-mata mencari kekurangan atau kesalahan, namun lebih menitikberatkan kepada pelaksanaan program kerja serta keberhasilannya,”terang Ika.

Melalui peninjauan ke lapangan dalam kegiatan bina wilayah, Kami melakukan penilaian pada beberapa materi. Diantaranya, pelaksanaan kegiatan inovasi yang dapat meningkatkan keberhasilan Program PKK di Tingkat Desa/Kelurahan dan kesesuaian data yang telah disampaikan dalam profil Tim Penggerak PKK Desa/Kecamatan.

Dalam kesempatan itu juga, Ika menyampaikan informasi mengenai Virus Corona (Covid-19) yang sedang menjadi masalah di berbagai Negara di belahan Dunia, termasuk Indonesia. Kita sebagai masyarakat Indonesia dihimbau untuk tidak terlalu berlebihan dalam menyikapinya, namun harus tetap siap siaga dan waspada dalam pencegahan dan penanggulangan masalah tersebut. Salahsatunya dengan menjaga kesehatan melalui penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam kehidupan sehari-hari. Karena seperti virus pada umumnya, Virus Corona juga tidak akan mampu menyerang pada tubuh yang memiliki imun kuat.

“Menyikapi masalah ini, Bupati Kuningan telah membentuk Tim Antisipasi Penangangan diantaranya Survaillance, Edukasi dan PROMKES di 37 Puskesmas yang ada di Kabupaten Kuningan. Untuk itu, Saya mengajak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Kuningan agar tetap tenang, ikhtiar, berdoa dan tawakal kepada Allah SWT agar kita senantiasa terus mendapatkan perlindungan dan dijauhkan dari segala marabahaya,”pungkas Ika.


Sumber : TP PKK Kuningan Gelar Bina Wilayah Ke Tiap Desa dan Kecamatan